Singapore, Muslim Family Friendly (3): River Safari

Nabi Muhammad adalah seorang pecinta binatang, kita dianjurkan untuk mengajarkannya kepada anak-anak. Sebab itulah kami memutuskan untuk mengunjungi kebun binatang yang ada di Singapura. Sebelumnya kami pernah mengunjungi Singapore Zoo, kali ini kami ingin mengunjungi tempat wisata yang berbeda, River Safari. Kami sengaja mengunjungi tempat ini setelah menunaikan Shalat Dzuhur di Masjid Sultan dekat dengan hotel, tetapi bila membutuhkan, tersedia mushalla yang berlokasi di Singapore Zoo.

Seletar Reservoir di River Safari, daerah resapan air dan konservasi alam

Wisata alam dan binatang di Singapura dikelola oleh Wildlife Reserves Singapore (WRS), anak perusahaan dari BUMN Singapura, Temasek Holdings. WRS mengelola 4 kebun binatang yaitu: Singapore Zoo, River Safari, Night Safari (lokasinya di daerah Mandai), dan Jurong Bird Park (lokasinya di Jurong). Saat ini di daerah Mandai sedang dilakukan pembangunan dan nantinya Jurong Bird Park akan dipindahkan kesini, bergabung dengan 3 kebun binatang yang sudah ada, ditambah Rainforest Park. Jadi daerah Mandai direncanakan untuk menjadi kawasan wisata alam dan binatang terpadu, ditambah sebagai konservasi alam, dengan 5 wildlife park lengkap dengan hotel berbintang.

Rancana Kawasan Mandai di 2020 *courtesy of straittimes.com

Amazone River Quest dan Boat Cruise

River Safari memiliki tema berbeda dengan tetangganya, menitik beratkan pada perjalanan dengan perahu, menyusuri sungai (buatan tentunya), dengan melewati kumpulan binatang di kiri kanan nya, lengkap dengan penjelasan melalui pengeras suara (bahasa Inggris). Perjalanan diselingi dengan air terjun kecil, menambah asyik terutama untuk anak-anak, berlangsung selama sekitar 20 menit. Mereka menamakan wahana ini dengan Amazone River Quest.

Amazon River Quest

Terdapat juga Boat Cruise, perjalanan menggunakan perahu listrik menyusuri danau (Seletar Reservoir) yang berfungsi juga sebagai resapan air.

Tiket kedua wahana ini tidak termasuk didalam tiket River Safari nya, jadi kita harus membeli secara terpisah. Karena kami menggunakan aplikasi Klook yang menyediakan paket kombo untuk semuanya, membuat harga tiket keseluruhan lebih murah. Kita harus menukar voucher online kita di mesin otomatis yang tersedia di lobi, jadi tidak perlu mengantri di loket.

Boat Cruise

Giant Panda Forest

Atraksi berikutnya adalah adanya sepasang Panda yang didatangkan dari dataran Tiongkok, mereka diberi nama Kai Kai dan Jia Jia. Kedua Panda ini sungguh lucu, terutama saat sedang makan pohon bambu muda kegemarannya, dan ini pertama kali kami melihat secara langsung. Panda ditempatkan di ruangan dengan suhu dingin dan lingkungan sekitar dibuat sedemikian rupa menyerupai habitat aslinya.

Giant Panda Forest

Masih banyak wahana lain yang tidak ditulis disini, silahkan browse website resminya untuk info lebih lanjut. Memang Singapura, khususnya WRS sangat baik dan profesional dalam mengelola tempat wisatanya, sekaligus sebagai daerah konservasi alam.

Leave a comment